Kamis, 11 Juni 2009

Bagaimana Membangun Kredibilitas Bisnis di Internet


Saya membaca posting Membangun Kredibilitas Bisnis di blog Mbak Does. Dalam postingnya tersebut, Mbak Does mengemukakan pentingnya sebuah kredibilitas serta beberapa kunci untuk membangunnya. Pentingnya kredibilitas ini diamini Mas Syafree yang berkomentar “Yep… Benar sekali. Kredibilitas kuncinya. Siapa yang mau beli sampo anti ketombe dari orang yang ketombean?”. :-)

Melengkapi tulisan tersebut, kalau di internet, bagaimana membangun kredibilitas bisnis?

Ada sejumlah cara yang bisa anda gunakan untuk membangun kredibilitas bisnis di internet:

1. Miliki Blog Berdomain Nama Anda. Kalau anda berniat berbisnis di internet, tentu situs web wajib anda punya. Namun hanya punya situs web saja sekarang tak lagi cukup. Anda juga perlu mempunyai blog berdomain nama anda. Sebab sekarang dan seterusnya, ketika seseorang ingin tahu mengenai seseorang, mereka tinggal mengetikkan nama yang dicarinya di search engine. Dan ketika nama yang dicarinya tak tercantum, maka orang tersebut dianggap “tak eksis”. Blog berdomain nama anda sangat baik untuk personal branding. Karena itu saya sarankan agar anda membeli domain nama anda.
2. Lakukan Blogging Berkelanjutan. Tentu setelah blog anda buat, yang jauh lebih penting lagi adalah konsisten melakukan blogging. Karena sebenarnya membuat blog itu mudah. Yang jauh lebih sulit adalah melakukan blogging berkelanjutan. Sebab tak jarang, setelah blog dibuat, beberapa bulan kemudian ditelantarkan pemiliknya. Bila seperti itu yang terjadi, jangan pernah berharap blog anda bisa mencapai blog sukses spektakuler.
3. Fokus dalam Blogging. Anda ingin orang mengenal anda sebagai apa? Itu pertanyaan kuncinya. Dan itulah salah satu alasan mengapa SANGAT penting untuk fokus di niche blog anda. Sekalipun mungkin anda punya banyak minat, keahlian, atau kelebihan, sebaiknya fokus di satu atau beberapa saja. Kalau semuanya anda pilih, pengunjung akan bingung.
4. Merespon Komentar di Blog Orang Lain. Ini masih soal blogging. Bukan hanya di blog sendiri, merespon komentar di blog orang lain bisa meningkatkan kredibilitas anda. Anda bisa rasakan bedanya kan antara orang yang bertanya dan merespon pertanyaan?
5. Cantumkan Informasi Kontak Anda. Sebelumnya ini sudah sering saya katakan. Cuma untuk mengingatkan saja dan yang belum membaca, informasi kontak seperti alamat, nomer telepon, dan alamat email penting untuk anda cantumkan. Terutama di situs web anda. Bukan hanya agar anda mudah dihubungi, namun sekaligus untuk menegaskan kalau anda benar-benar ada.

Tentu tips membangun kredibilitas di internet di atas tak langsung terlihat hasilnya dalam sehari dua hari. Efeknya baru bisa anda rasakan dalam jangka panjang. Karena itu butuh ketekunan dan kesetiaan menjalaninya. Tapi kalau tak dirintis sekarang, kapan lagi mulai ACTION?

Bagaimana menurut anda? Punya pendapat lain atau mau menambahkan?

0 komentar: