Selasa, 02 Juni 2009

Langkah-Langkah Kecil yang Menghasilkan Keuntungan Luar Biasa (Bagian 2)


Dalam posting sebelumnya, saya tekankan betapa penting membuat perencanaan blog serta membuat judul yang menarik. Langkah-langkah sederhana itu tampaknya sepele saja dan mungkin sudah ditulis jutaan kali oleh para blogger. Tapi kenyataannya memang begitulah. Langkah-langkah kecil itu sangat menentukan kesuksesan blog kita.

Bisa dipastikan tak ada blog hebat yang tak mempraktekkan kedua hal tersebut. Silakan cari dan amati sendiri. Misal kita telusuri Tehnorati untuk melihat-lihat blog-blog yang masuk jajaran papan atas di jagad blogosfer. Kerap apa yang mereka lakukan dengan blog mereka tak terduga. Selalu muncul inovasi dan gebrakan baru yang tak pernah kita pikirkan. Gerakan blog-blog itu selalu jauh beberapa langkah di depan blog kita.

Judul-judul yang mereka buat pun selalu memancing keingintahuan pembaca untuk mengklik. Begitu melihat judulnya seketika timbul rasa penasaran untuk tahu apa isinya. Walau terkadang isinya biasa saja, tapi jari-jari kita tak kuasa untuk tidak mengkliknya. Karena itu pantaslah jika mereka meraih keadaan yang diidamkan para blogger: memiliki traffic yang melimpah dan keuntungan yang berlipat-lipat.

Dan saya yakin performance yang begitu luar biasa itu berawal dari perencanaan yang tepat. Kata orang bijak, dengan membuat perencanaan berarti tujuan kita sudah setengah tercapai. Tanpa perencanaan sama artinya kita merencanakan kegagalan.

Oke, melanjutkan posting sebelumnya, kita teruskan langkah-langkah sederhana untuk menghasilkan keuntungan luar biasa.

* Beri judul gambar dengan kata. Sebaiknya biasakan memberi judul gambar dengan kata, bukan angka. Serta sesuaikan dengan posting anda. Misal, untuk posting tips ngeblog, lebih baik gambar yang anda upload juga diberi nama “tips-ngeblog.jpg” daripada dengan “gambar1.jpg”. Ini akan membantu pencarian di search engine. Jangan lupa pula sertakan deskripsi gambar yang sesuai. Ini akan meningkatkan tingkat keterbacaan keyword anda.
* Gunakan element judul pada setiap link yang anda buat. Agar ketika pembaca mengarahkan cursornya ke link yang anda buat, bisa tahu gambaran isinya. Ini penting untuk meningkatkan keinginan pembaca untuk meng-kliknya.
* Pilih template yang bisa diakses cepat. Memakai template yang hebat kadang sangat menyenangkan. Karena bisa terlihat sangat wah. Tapi kalau kemudian justru membuat lelet dibuka, sebaiknya hindari. Sebab, hal pertama yang diinginkan pengunjung adalah secepat mungkin bisa melihat isi blog anda.
* Pilih web host yang cepat. Ranking blog anda sangat dipengaruhi oleh kemampuan blog anda. Jadi jika blog anda lama untuk bisa diakses, pasti rangking blog anda ikut jeblog. Salah satu penyebabnya mungkin karena penyedia web hosting yang tak bagus. Cari web hosting yang bagus. Panduan memilih web host bisa anda lihat di sini.
* Simpan foto di server anda. Foto atau gambar yang anda pasang sebaiknya diletakkan di server anda. Karena jika anda meletakkanya di tempat lain, misal di situs penyedia gambar gratis, maka traffic yang anda peroleh akan lari ke sana.
* Gunakan Google Sitemap. Google sitemap berisi tentang content blog anda. Baik URL-nya serta informasi frekuensi update halaman-halaman web. Adanya sitemap ini akan sangat membantu search engine Google dalam mengindeks situs kita.

Lakukan langkah-langkah kecil ini agar hasil luar biasa bisa segera anda rasakan. Penghasilan raksasa tak harus dilakukan dengan langkah-langkah raksasa pula, tapi dengan cara-cara sederhana pun bisa. :-)

0 komentar: